Mengenal apa itu array dan cara mengimplementasikannya

by 01.41 0 komentar
Array (Larik) merupakan hal fundamental yang sering dijumpai dalam banyak kasus di dunia pemrograman. Maka dari itu, sebagai programmer Anda perlu membekali diri dengan pemahaman kosep array dan mampu mengimplementasikannya kedalam kasus-kasus yang anda hadapi.

Apa Itu Array?

Array adalah sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memilik tipe sama. Setiap data tersebut menempati lokasi atau alamat memori yang berbeda-beda dan selanjutnya di sebut dengan elemen array. Elemen array itu kemudia dapat diakses melalui indeks yang terdapat di dalamnya. Namun, penting sekali untuk di perhatikan bahwa dalam C++ indeks array selalu dimulai dari 0, bukan 1.

 Berikut ini gambar yang mengilustrasikan sebuah array.



Nili ke-1
Nilai ke-2
Nilai ke-N
Alamt ke-1
Alamt ke-2
Alamt ke-n
0
1
N


Ket:    Kolom pertama adalah Nilai elemn array
           Kolom kedua adalah Alamat array
           Kolom ketiga adalah Indeks array

            Untuk mendeklarasikan sebuah array dalam C++, kita harus menggunakan tanda "[ ]" (bracket). Adapun bentuk umum dari pendeklarasiannya adalah sebagai berikut:
tipe_data nama_array[jumlah_elemen];
Sebagai contoh, apabila ingin mendeklarsikan sebuah array (misalnya dengan nama LARIK) yang memiliki 25 elemen dengan tipe data int, maka bentuk deklarasinya adalah seperti yang tampak di bawah ini.

int LARIK[25];

Ruang memori yang di butuhkan untuk deklarasi array tersebut adalah 100 byte, yang bersal dari 25 x 4 byte(4 merupakan ukuran dari tipe data int). Cara yang di gunakan untuk mengakses elemennya adalah dengan penulisan indeksnya. Misalnya kita ingin mengambil nilai yang terdapat pada elemen ke-10 dan menampung nilai tersebut kedalam sebuah variabel yang bertipe int juga (misal x), maka kita perlu menuliskan kode seperti berikut:

X = LARIK[9];

Kenapa 9, bukan 10? Ingat, indeks array selalu di mulai dari 0 sehingga mengakses elemen ke-10, maka indeks yang kita butuhkan adalah 10-1 yaitu 9

Simpan Gambar Aja

NIM: 140010297

Nama Dosen: IB KETUT SURYA ARNAWA, S.Kom.
Asisten : Steven Anthony

0 komentar:

Posting Komentar